Kamis, 03 Mei 2012

contoh soal psikologi pendidikan


1.      Doel seorang siswa SMU. Berdasarkan hasil psikotes yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa ia memiliki IQ yang cukup tinggi atau diatas normal, akan tetapi nilai mata pelajaran yang dicapai Doel umumnya rendah dan cenderung dibawah rata-rata kelas.
(a)    Menurut analisis anda bagaimana hal tersebut dapat terjadi?
(b)   Apabila anda seorang guru, bentuk bantuan seperti apa yang akan anda lakukan? Jelaskan secukupnya !
Jawaban:                                      
a)      Hal tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor seperti pengaruh lingkungan, kurangnya motivasi diri, belum menemukan tujuan hidup, dan lain sebagainya. Banyak sekali kasus seperti ini terjadi, dan ketika saya mengamati ternyata kebanyakan disebabkan oleh pengaruh lingkungan yang kurang baik dan kurangnya motivasi untuk meraih prestasi dibidang akademik, misalnya seorang anak yang memiliki IQ yang tinggi tapi orangtua tidak memfasilitasi agar kemampuan anak tersebut berkembang, itu dapat menjadi salah satu factor yang menyebabkan nilai akademik menjadi rendah. Ataupun kurangnya motivasi diri dalam diri indivu tersebut, sehingga kurangnya daya saing yang muncul untuk mendapatkan sebuah prestasi yang baik.
Lagipula, tingkat kecerdasan intelektual (IQ) yang tinggi tidak selalu menjamin sebuah kesuksesan, saat ini banyak sekali kasus dimana seseorang yang memiliki tingkat kecerdasan intelektual tinggi namun ia tersisih dari orang lain yang tingkat kecerdasan Intelktualnya lebih rendah. Ternyata IQ yang tinggi tidak menjamin seseorang meraih kesuksesan.
b)      Jika saya seorang guru, saya akan mencoba melakukan pendekatan dan menanyakan kenapa siswa tersebut memiliki nilai akademik di bawah rata-rata padahal hasil test menunjukan bahwa ia memiliki tingkat intelegensi yang tinggi, ketika peserta didik tersebut telah memberikan jawabannya maka sebagai seorang guru saya dapat bertindak sesuai dengan masalah yang terjadi. Ataupun jika peserta didik tersebut tidak ingin menjawab, maka sebagai seorang pendidik yang setiap harinya bertemu kita dapat menyimpulkan sebab nilai akademik peserta didik tersebut dibawah rata-rata.
Jika masalahnya adalah kurang motivasi untuk mendapakan sebuah prestasi akademik, maka tugas kita sebagai guru yaitu sebagai motivator peserta didik tersebut. Ataupun jika masalah yang dihadapi adalah kurangnya sarana belajar, maka dengan sebaik mungkin sekolah harus memiliki fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan peserta didik tersebut. Intinya, sebagai pendidik kita harus tau permasalahan dari peserta didik tersebut setelah itu kita dapat mengambil tindakan mana yang terbaik untuk dilakukan.

* referensi:
·         Digjaya, Gambir. (2010). IQ & EQ.[online] tersedia: http://wirausahanet.tripod.com/id10.html
·         Sulieman, Rusmini. (2008). Intelegensi dan IQ. [online] tersedia: http://www.angelfire.com/mt/matrixs/psikologi.htm


1 komentar:

  1. terima kasih sangat bermanfaat, kunjungi http://jendeladunia-mu.blogspot.co.id/ kumpulan makalah dan materi seputar dunia pendidikan

    BalasHapus